Rabu, 08 Februari 2012

Saham dan Analisa Pasar Modal

Saham dan Analisa Pasar Modal

Analisa pasar modal adalah cara yang tepat untuk menjaga stabilisasi perusahaan.
Pasar modal dasarnya adalah pasar yang menilai suatu pergerakan nilai kekuatan suatu perusahaan.

Analisa pasar saham sangat membantu seorang investor dalam memprediksi naik turunnya nilai perusahaan.
Ada dua metodologi yang berbeda, yaitu, analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisa Saham Fundamental

Metodologi ini didasarkan pada asumsi bahwa pergerakan harga saham mengikuti logika dan berita. Analisis fundamental melibatkan kedua parameter, yaitu mikro dan makro, dengan parameter yang digunakan sangat bervariasi, seperti manajemen perusahaan, kinerja jasa keuangan, keunggulan kompetitif, posisi pasar dll.

Contoh Analisa yang diterapkan:

Perhitungan Laba: Laba bersih per saham menunjukkan profitabilitas perusahaan. Sebuah EPS yang sehat berarti menaikkan nilai harga saham bagi perusahaan.

Rasio Hutang: Rasio utang perusahaan menunjukkan proporsi aktiva perusahaan. Jika rasio utang perusahaannya sekitar 30 - 50 % maka harga saham memiliki potensi peningkat di masa depan.

pengembalian hasil equity: ROE mengukur efisiensi suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dari setiap unit ekuitas pemegang saham's. Sebuah perusahaan dengan ROE meningkat harus menjadi pilihan investor.

Kapitalisasi: Kapitalisasi merupakan indikator dari equity suatu perusahaan. Ini merupakan faktor penentu dalam penilaian saham. Sebuah perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang rendah menimbulkan risiko lebih tinggi.

Rasio Pembagian deviden: Ini adalah persentase dari pendapatan yang dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Harga Yang dibayar: Harga yang dibayar untuk mendapatkan harga per sahamnya, menunjukkan semakin tinggi harganya, semakin kuat perusahaan tersebut.

Neraca Perusahaan: penilaian Ini cukup akurat dalam penilaian yang menunjukkan pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu membandingkan neraca dengan harga saham diperlukan untuk mengetahui apakah suatu saham undervalued atau terlalu mahal.

Analisis fundamental sangat penting bagi investor yang memiliki pemahaman mendalam tentang keuangan dan yang memiliki pemikiran investasi jangka panjang.

analisa pasar saham secara Teknikal

Teknik analisa pasar yang didasarkan pada asumsi bahwa pergerakan harga saham di masa lalu dapat digunakan untuk menentukan tren masa depan dan dapat digunakan untuk memprediksi dan menilai kinerja di masa mendatang. Analisa pasar teknikal percaya bahwa setiap tindakan di pasar mencerminkan peristiwa pasar, dan mempercayai bahwa harga mengikuti tren dan juga sejarah yang sering diulang. Analisis teknikal lebih berguna bagi investor pemula dan juga bagi mereka yang memiliki pemikiran investasi jangka pendek jika dibandingkan analisa fundamental.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda merasa tulisan maupun artikel ini sangat berguna bagi anda Please folow blog ini dan tinggalkan jejak anda di sini dengan berkomentar. Terimakasih telah berkunjung.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons